Kamis, 06 Oktober 2011

PENYAKIT REMATIK


Penyakit Rematik menurut mitos adalah penyakit para orang tua lanjut usia ternyata keliru, berdasarkan pengalaman kami selama puluhan tahun ini, sangatlah tidak sedikit penderita Sakit Rematik yang masih berusia muda dari usia 7 tahun sampai dengan 40 tahun, memang sebagian besar dialami oleh mereka yang sudah berusia 50-90 tahun, namun fakta membuktikan bahwa
Sakit Rematik tidaklah mengenal usia, baik Anak-anak, Dewasa dan Orang Tua semua dapat mengalaminya.
Pada jaman dahulu semua masalah Sakit Pegal Linu, Sakit Radang Pergelangan, Persendian Tulang, Otot maupun Syaraf, semuanya dikategorikan sebagai Penyakit Rematik, setelah jaman mengalami kemajuan, barulah dibeda-bedakan dengan berbagai jenis sebutan lainnya seperti : Rematik karena Pengapuran, Rematik karena Asam Urat, Rematik karena Encok, Rematik karena Syaraf Terjepit, dll.


Asam urat adalah zat yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui urin. Pada kondisi gout, terdapat timbunan atau defosit kristal asam urat di dalam persendian. Sendi merupakan bagian yang paling mudah dihinggapi kristal-kristal asam urat selain juga pada bagian kulit dan ginjal yang merupakan akibat dari penambahan kadar asam urat dalam darah. Kristal-kristal tersebut akan menyebar ke dalam rongga-rongga sendi sehingga terjadilah peradangan akut atau terjadi gout. Jika terjadi selama bertahun-tahun, deposit kristal asam urat dalam sendi tersebut dapat mengakibatkan kerusakan sendi secara permanen.
Sekitar 50% keluhan nyeri sendi disebabkan oleh pengapuran. Pengapuran berarti menipisnya jaringan tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan persendian. Bantalan yang aus menyebabkan terjadinya gesekan tulang sehingga menimbulkan nyeri. Pengapuran ini merupakan proses degenerasi yang dimulai pada usia 40 tahun.

Sayangnya belum ditemukan obat untuk penyembuhan pengapuran. Pengobatan yang diberikan sekadar untuk menghilangkan gejala. Jika sudah benar-benar rusak, harus dilakukan operasi penggantian sendi.
Pada usia muda umumnya rematik disebabkan oleh peradangan. Peradangan ini bisa disebabkan karena asam urat atau sebab lain. Rematik karena asam urat banyak dijumpai pada pria berusia 30-40-an. Hal ini terjadi karena kelebihan hasil metabolisme purin yang tertimbun di persendian. Timbunan ini yang menimbulkan rasa sakit di persendian.

Sedangkan Rheuumatoid Arthritis (RA) termasuk peradangan persendian yang penyebanya masih belum diketahui. RA bisa menyerang siapapun termasuk balita. Peradangan penyakit ini terjadi pada jaringan synovial yang terdapat dalam persendian. Jaringan ini berfungsi untuk menghasilkan cairan pelumas dalam sendi. Pada pasien RA, jaringan ini membengkak dan banyak menunjukkan sel yang meradang.


Tips untuk mengenali melalui Gejala gejala dan Ciri cirinya : Rematik, Pengapura, Asam Urat, Encok & Syaraf Terjepit.

Gejala dan ciri-ciri Penyakit Rematik :
1.      Sakit atau Radang dan terkadang Bengkak dibagian Persendian Pergelangan Jari, Tangan, Kaki, Bahu, Lutut (Dengkul), Pinggang, Punggung dan Sekitar Leher.
2.      Sakit Rematik dapat berpindah-pindah tempat dan bergantian bahkan sekaligus di berbagai persendian.
3.      Sakit Rematik biasanya kambuh pada saat cuaca mendung saat mau hujan atau mengkonsumsi makanan pantangan seperti : Sayur Bayam, Kangkung, Kelapa, Santan, dll.
4.      Sakit Rematik semakin lama akan semakin berat.


Pengobatan rematik yang benar membutuhkan diagnosa yang tepat mengingat rematik terdiri dari ratusan jenis. Pasien rematik akan menjalani tes darah dan foto rontgen untuk didiagnosa jenis rematiknya. Setelah itu bisa diputuskan program dan lamanya pengobatan.
Olahraga ringan seperti jalan kaki bermanfaat untuk penderita rematik karena asam urat. Pasalnya, jalan kaki membakar kalori, memperkuat otot dan membangung tulang yang kuat tanpa menganggu persendian yang sakit. Untuk melakukan olahraga sebaiknya meminta pendapat dokter atau terapis supaya mengetahui gerakan-gerakan terbaik.

Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Pengapuran :
1.      Sakit atau Radang dan terkadang Bengkak dibagian Telapak Tangan, Telapak Kaki, Lutut (Dengkul), Bahu, Pinggang, Punggung dan Leher.
2.      Sakit Pekapuran tidaklah berpindah-pindah tempat, biasanya hanya Sakit disekitar bagian tubuh yang mengalami Perkapuran (Pengapuran) saja.
3.      Sakit Pengapuran biasanya kambuh pada saat terjadi pergesekan antar sendi akibat gangguan fungsi atau menipisnya bantalan sendi tulang, ketika berdiri atau berjalan terlalu lama maupun kelebihan berat badan.
4.      Sakit Pengapuran semakin lama akan semakin berat.

Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Asam Urat :
1.      Sakit atau Radang dan kebanyakan disertai Bengkak dibagian Jari, Telapak Tangan, Telapak Kaki, Lutut (Dengkul), Bahu, Pinggang, Punggung dan Leher.
2.      Sakit Asam Urat tidaklah berpindah-pindah tempat, biasanya hanya Sakit disekitar persendian bagian tubuh yang sedang mengalami infeksi atau radang sendi.
3.      Sakit Asam Urat biasanya kambuh pada saat mengkonsumsi makanan yang mengandung purin sangat tinggi seperti : susu kacang, kacang kacangan, jeroan, durian, alkohol, santan, kelapa, dll.
4.      Sakit Asam Urat semakin lama akan semakin berat.

Mengatasi asam urat pun lebih mudah, anda cukup menghindari makanan seperti: jeroan seperti usus, limpa, paru, hati, jantung, dan otak. Melinjo dan olahannya seperti emping; Kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya seperti kedelai, - kacang tanah, kacang hijau, toge, oncom, tempe, tahu. Makanan yang diawetkan seperti sarden, kornet. Kerang, kepiting, cumi-cumi, udang, ekstrak daging/kaldu. Minuman beralkohol seperti bir, tape, ragi, tuak, dan minuman hasil fermetasi lainnya. Sayuran dan buah seperti: bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kacang polong, kacang buncis, kembang kol, nanas, durian, dan air kelapa.

Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Syaraf Terjepit :
1.      Syaraf Terjepit (Saraf Kejepit) pada umumnya dialami penderita dibagian Pinggang, Punggung dan Sekitar Leher, biasanya disebabkan oleh Pengapuran Tulang, terjatuh, mengankat beban terlalu berat, dll.
2.      Sakit Syaraf Terjepit dibagian Pinggang biasanya akan mengakibatkan Sakit pada daerah Pantat (Bokong), Paha dan Betis.
3.      Sakit Saraf Terjepit dibagian Punggung atau Leher dapat mengakibatkan Sakit pada bagian kedua Tangan, Bahu, Leher dan Kepala.
4.      Sakit Saraf Kejepit semakin lama akan semakin berat.

Obat Jerawat Alami dan Tradisional
MentimunMentimun yang memiliki nama ilmiah Cucumis sativus telah lama di kenal sebagai pelengkap bahan makanan: lalapan, campuran pecel, dibuat acar, atau minuman segar.
Mentimun yang memiliki nama ilmiah Cucumis sativus, mengandung 0,65 persen protein, 0.1 persen lemak dan 2,2 persen karbohidrat. Buah tanaman merambat ini juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Biji timun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati cacingan.
Pemakaian luar
  • Jerawat.
Buah mentimun dicuci lalu diiris-iris. lrisan mentimun ditempelkan dan digosok-gosok pada kulit yang berjerawat. Lakukan setiap hari.
  • Flek hitam bekas jerawat.
Ambil ujung buah mentimum sepanjang kira-kira 5 cm, lalu parut. Ambil kunyit sebesar ibu jari, kemudian ditumbuk dan ambil airnya. Air kunyit itu dicampurkan dalam mentimum yang sudah diparut itu. Kemudian sapukanlah ke wajah. Lakukan setiap hari sampai flek menghilang. Atau, Anda bisa menggunakan spray toner buatan sendiri. Caranya, parut satu buah mentimun yang sudah dikupas. Saring dan ambil airnya, campurkan dengan dua sendok teh madu. Kemudian masukkan campuran itu ke dalam botol yang dilengkapi laat penyemprot. Semprotkan ke wajah dua kali sehari.
Pepaya
Pohon pepaya sudah terkenal sejak dahulu sebagai tanaman berkhasiat atau herbal yang dapat meyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman berkhasiat ini selain pergunakan untuk obat tradisional, juga di pergunakan untuk berbagai macam keperluan seperti memasak daging dan menambah nafsu makan. Setiap bagian pohon pepaya dapat dimanfaatkan, mulai akar, batang, daun, buah, bahkan biji buahnya.
Artikel ini hanya akan membahas manfaat daun pepaya, karena satu bagian ini pun sudah memiliki banyak manfaat.

Obat jerawat.
Tahukah Anda, daun pepaya juga dapat mengatasi jerawat yang membandel? Caranya, ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh (avverhoa bilimbi) adalah tanaman asli amerika yang tumbuh subur di darah yang banyak mendapat sinar matahari langsung tetapi cukup kelembaban udaranya.
Belimbing wuluh dengan kandungan zat kimia di dalamnya(kalsium oksalat, sulfur, asam format etc…)

Jerawat
Untuk pengobatan luar. Cuci 3 belimbing wuluh yang segar, di parut dan beri sedikit garam. Tempelkan parutan tadi pada kulit yang berjerawat. Lakukan 2 kali sehari

Kembang Pukul Empat
Nama populernya kembang pukul empat. Tanaman obat ini terkenal untuk mengobati jerawat. Dan tak hanya itu, bisul dan kencing manis, keputihan dan payudara bengkak, juga dapat di sembuhkan dengan tanaman ini.
Selain nama di atas, tanaman ini punya nama lain. Kembang pagi sore, bunga waktu kecil (Sumatra); Kederat, segerat, tegerat (Jawa), Kupa oras, cako raha (Maluku); Bunga-bunga paranggi, bunga-bunga parengki (Sulawesi); Pukul ampa, turaga, bodoko sina, bunga tete apa (Sulawesi) dan Zi Mo li (China);

Untuk jerawat:
buahnya mengandung zat tepung, dibuat tepung bedak. Tepung bedak ini ditambah air, kemudian dioleskan. Wanita hamil dilarang pakai. Untuk merebus, tidak boleh memakai bahan dari besi (panci, sendok, dan lainnya)

Masker Wajah Tradisional

Coba pilih masker tradisional yang akan kamu pakai :
Masker Bengkuang
Cocok untuk semua jenis kulit. Bengkuang punya keistimewaan lain yang membuatnya terus dicari sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan tradisional. Ya, bengkuang juga mengencangkan dan melembapkan kulit. Tak kalah dengan kentang, umbi penyejuk ini sanggup membersihkan kulit wajah.
Masker Wajah dari Kentang
Jenis umbi satu ini mengandung potasium, zat besi, karbohidrat, vitamin B, serta vitamin A dan C yang dibutuhkan kulit untuk sebagai antioksidan penangkal radikal bebas untuk memperlambat penuaan dini. Sebagai masker wajah buatan sendiri, kentang diutamakan buat mereka yang memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat.
Masker Pepaya
Pepaya yang juga salah satu primadona bahan alami dunia kecantikan merupakan buah yang kaya manfaat. Kandungan estrogen, vitamin A, dan C di dalamnya mampu meremajakan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati serta mencegah kerutan. Dan cocok digunakan semua kulit dan mampu mengatasi jerawat pada wanita dengan cara mengempeskannya

Setelah memilih salah satu masker tradisional diatas untuk hasil maksimal campurkan dengan air mawar yang kini tersedia banyak dalam kemasan. Mengandung sari bunga mawar, campuran masker akan lebih harum dan memberikan kesegaran pada kulit. Ini berfungsi sebagai toner dalam langkah terakhir perawatan masker wajah. Jadi, setelah mengoleskan masker, mendiamkannya selama 10-15 menit, dan membasuh dengan air hangat, Anda bisa mengambil kapas dan menuangkan toner air mawar.

Sebenarnya sangat mudah bukan membuat masker buatan sendiri hanya dengan menggunakan bahan yang alami seperti diatas. Semoga resep tradisional dapat memabantu anda merawat wajah. Tapi nggak jaminan berhasil ya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar